Digital Marketing

Oleh : Wulan Kartika Sari

Halo sobat dunia kampus! apakah kalian tahu apa yang di maksud dengan digital marketing? digital marketing merupakan suatu strategi pemasaran yang dilakukan oleh enterpreneur muda di era millennial yang mempunyai informasi dan teknologi terdepan pada dunia kewirausahaan. Selain itu, tujuan dari digital marketing ini adalah untuk mempermudah para wirausahawan untuk melakukan promosi secara digital kepada khalayak umum agar terbukanya peluang dan kesempatan untuk mencapai target penjualan yang diinginkan. Apabila kita amati, perubahan teknologi sangat amat cepat dan sangat amat berpengaruh dalam kehidupan lebih tepatnya mengubah pada pola konsumen yang membuat peran digital marketing menjadi cara utama dalam bisnis untuk meningkatkan penjualan bahkan hingga melampaui target. Pada dunia kewirausahaan sangat penting mempunyai sifat mudah beradaptasi karena yang mampu memenangkan sebuah kompetisi adalah orang-orang yang mampu beradapatsi pada lingkungan baru, seperti contohnya mudah beradapatsi dengan digital technology yang sedang terkenal saat ini. Digital marketing ini turut menggabungkan beberapa faktor seperti faktor psikologis, humanis, antropologi dan teknologi yang akan menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif dan multimedia. Hasil dari era baru berupa interaksi antara produsen, perantara pasar, dan konsumen. Pemasaran melalui digital sedang diperluas untuk mendukung pelayanan perusahaan dan keterlibatan dari konsumen dengan internal bisnis suatu produk. Berikut adalah kutipan pesan dari Jean Claude Junker “ The internet and digital technologies are transforming our world. Digital technology has to be our future “ maka dapat disimpulkan bahwa apabila kita ingin menguasai masa depan maka kita harus menguasai digital technology terlebih dahulu.

Mengapa digital marketing sangat penting? Karena dari observasi bulan Januari 2019 total populasi manusia di Indonesia sebesar 268,2 juta (56%) yang telah menggunakan smartphone sebesar 355,5 juta (133%) dan mereka sudah menggunakan internet sebesar 150 juta (56%) kemudian yang aktif di media sosial sebesar 150 juta (56%) serta yang memiliki media sosial sebesar 130 juta (48%). Kemudian, ketika di observasi kembali maka terjadi peningkatan pada total populasi manusia di indonesia sebesar 2,9 juta (1,1%) lalu meningkat juga pada koneksi media sosial sebesar 15 juta (4,6%) dan meningkat lagi pada pengguna internet yaitu sebesar 25 juta (17%) serta meningkat pada pengguna aktif media sosial sebesar 12 juta (8,1%). Selain itu, pada tahun 2019 masyarakat Indonesia menggunakan smartphone khusus nya internet selama 8,36 jam/, lalu penggunaan sosial media selama 3,26 jam/hari. Durasi pemakaian internet dan sosial media ini selalu meningkat tiap tahunnya apalagi sekarang sudah tahun 2021 yang sudah pasti meningkat penggunaannya karena terdapat dampak dari pandemi Covid-19 yang mengharuskan semua orang agar selalu dirumah, maka dari itu sangat besar peluang sebuah bisnis apabila pandai dalam mengelolanya secara digital, mengapa demikian? Karena apabila kita bisa mengelola strategi digital marketing dengan tepat, maka akan mempermudah konsumen dalam mencari tahu detail dari produk kita sehingga kita bisa memenangkan kompetisi dalam dunia bisnis yang mempunyai pengaruh besar untuk mendapatkan keuntungan dari setiap penjualannya serta dapat meningkatkan citra baik pada bisnis kita.

 

Bagaimana cara mengelola digital marketing dengan baik?

Pertama, analisis sosial media paling populer. Seperti contoh, pada bulan Januari 2019 sosial media paling populer adalah yotube dengan 88%, lalu whatsapp 83%, facebook 81%, dan Instagram 80%, melalui media sosial tersebut maka akan mempercepat proses marketing sampai pada konsumen dan promosi tersebut akan lebih mudah dalam penyebaran hingga cakupan yang sangat luas.

Kedua, mempunyai strategi digital marketing yang tepat. Karena manfaat dari strategi yang tepat adalah bisnis menjadi berkembang, produk lebih dikenal dan dapat memenangkan kompetisi dalam dunia kewirausahaan. Berikut adalah tahap-tahap dalam mengelola strategi yang tepat :

·       Menganalisis situasi, yang bertujuan untuk mengetahui posisi dan kondisi bisnis. Hal tersebut dapat di observasi dengan kinerja tujuan (5s) yaitu sale, serve, sizzle, speak dan save. Kemudian berdasarkan penilaian atau pandangan konsumen, Menyusun SWOT agar lebih memahami tentang peluang, kekuatan dan kelemahan. Lalu, mengetahui persepsi merek dan kemampuan internal yang dimiliki.

·       Menentukan tujuan yang ingin di capai. Seperti hal nya yang sudah di bahas diatas yaitu menggunakan kinerja tujuan (5s) sale adalah mencatat tingkat penjualan pada kondisi saat ini, kemudian serve adalah biacara tentang nilai edit seperti memberi layanan kepada konsumen lalu di evaluasi Kembali. Sizzle yaitu bagaimana membangun layanan media digital dalam proses penjualan agar cakupan konsumen lebih luas. Lalu speak membicarakan tentang bagaimana kita membangun dan mengkomunikasikan layanan produk yang kita punya kepada konsumen, artinya strategi yang kita lakukan sudah efektif atau belum dalam mengelola konsumen. Dan yang di maksud dengan save yaitu sudah pastikah dalam biaya jadi memastikan biaya yang akan di pakai agar tidak ada kerugian yang di alami. Maka dari itu dapat disimpulkan, pada proses penjualan di perlukan kreatifitas, inovasi serta improfisasi agar proses penjualan lebih efektif dan efisien.

·       Lalu, menentukan strategi paling tepat. Contohnya adalah mulai Menyusun segmen target pasar, posisi yang akan di capai, menentukan nilai unggul di banding produk lain, meningkatkan kredibilitas produk di media digital hal ini sangat penting karena dapat memengaruhi daya jual produk pada khalayak umum, menentukan koneksi apa saja yang akan di pakai dan mengerucut pada media sosial atau platform apa yang akan di gunakan untuk promosi.

·       Setelah itu di simpulkan agar menjadi sebuah taktik atau cara-cara yang lebih generik untuk mencapai tujuan. Yaitu manyiapkan trik secara detail seperti kapan waktu untuk launching produk, waktu untuk mengadakan discount, waktu untuk mengadakan games, kapan waktu untuk give away dan sebagainya.

·       Selanjutnya, lakukan tindakan untuk merealisasikan strategi tersebut. Yaitu tentang melakukan promosi seperti melalui Instagram, facebook, hastag dan sebagainya. Selain itu apabila di jadwalkan untuk discount produk maka juga di sebarluaskan agar konsumen lebih tertarik untuk membelinya. Maka dari itu, dalam merealisasikan tindakan dari strategi ini di perlukan perencanaan serta tindakan yang tegas agar sesuai dengan ekspetasi.

·       Dan di akhir harus tetap mengontrol serta mengevaluasi kegiatan ini. Yaitu perlu merancang perhitungan baik di bidang keuangan, kemampuan internal maupun peningkatan kualitas dan kuantitas produk.

Dengan melakukan hal tersebut lebih terperinci dan tepat maka akan mempermudah suatu proses penjualan pada dunia kewirausahaan sehingga target yang diinginkan tercapai dengan baik dan lebih cepat. Selain itu, terutama untuk kita nih generasi muda penerus bangsa harus lebih giat dan termotivasi dalam menjalankan sebuah bisnis untuk mengasah kemampuan diri dan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa kita, seperti dapat membuka lapangan pekerjaan. Dengan demikian, maka kehidupan bisnis dan perekonomian di Indonesia akan sejahtera.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

adverts yillix