Digital Marketing
Oleh : Wulan Kartika
Sari
Halo sobat dunia kampus! apakah kalian tahu apa yang di maksud dengan digital marketing?
digital marketing merupakan suatu strategi pemasaran yang dilakukan oleh
enterpreneur muda di era millennial yang mempunyai informasi dan
teknologi terdepan pada dunia kewirausahaan. Selain itu, tujuan dari digital
marketing ini adalah untuk mempermudah para wirausahawan untuk melakukan
promosi secara digital kepada khalayak umum agar terbukanya peluang dan
kesempatan untuk mencapai target penjualan yang diinginkan. Apabila kita amati,
perubahan teknologi sangat amat cepat dan sangat amat berpengaruh dalam
kehidupan lebih tepatnya mengubah pada pola konsumen yang membuat peran digital
marketing menjadi cara utama dalam bisnis untuk meningkatkan penjualan
bahkan hingga melampaui target. Pada dunia kewirausahaan sangat penting
mempunyai sifat mudah beradaptasi karena yang mampu memenangkan sebuah
kompetisi adalah orang-orang yang mampu beradapatsi pada lingkungan baru,
seperti contohnya mudah beradapatsi dengan digital technology yang
sedang terkenal saat ini. Digital marketing ini turut menggabungkan beberapa
faktor seperti faktor psikologis, humanis, antropologi dan teknologi yang akan
menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif dan multimedia. Hasil
dari era baru berupa interaksi antara produsen, perantara pasar, dan konsumen.
Pemasaran melalui digital sedang diperluas untuk mendukung pelayanan perusahaan
dan keterlibatan dari konsumen dengan internal bisnis suatu produk. Berikut
adalah kutipan pesan dari Jean Claude Junker “ The internet and digital
technologies are transforming our world. Digital technology has to be our
future “ maka dapat disimpulkan bahwa apabila kita ingin menguasai masa
depan maka kita harus menguasai digital technology terlebih dahulu.
Mengapa digital marketing sangat
penting? Karena dari observasi bulan Januari 2019 total populasi manusia di
Indonesia sebesar 268,2 juta (56%) yang telah menggunakan smartphone
sebesar 355,5 juta (133%) dan mereka sudah menggunakan internet sebesar 150 juta
(56%) kemudian yang aktif di media sosial sebesar 150 juta (56%) serta yang
memiliki media sosial sebesar 130 juta (48%). Kemudian, ketika di observasi
kembali maka terjadi peningkatan pada total populasi manusia di indonesia
sebesar 2,9 juta (1,1%) lalu meningkat juga pada koneksi media sosial sebesar
15 juta (4,6%) dan meningkat lagi pada pengguna internet yaitu sebesar 25 juta (17%)
serta meningkat pada pengguna aktif media sosial sebesar 12 juta (8,1%). Selain
itu, pada tahun 2019 masyarakat Indonesia menggunakan smartphone khusus
nya internet selama 8,36 jam/, lalu penggunaan sosial media selama 3,26
jam/hari. Durasi pemakaian internet dan sosial media ini selalu meningkat tiap
tahunnya apalagi sekarang sudah tahun 2021 yang sudah pasti meningkat
penggunaannya karena terdapat dampak dari pandemi Covid-19 yang mengharuskan
semua orang agar selalu dirumah, maka dari itu sangat besar peluang sebuah
bisnis apabila pandai dalam mengelolanya secara digital, mengapa demikian?
Karena apabila kita bisa mengelola strategi digital marketing dengan
tepat, maka akan mempermudah konsumen dalam mencari tahu detail dari
produk kita sehingga kita bisa memenangkan kompetisi dalam dunia bisnis yang
mempunyai pengaruh besar untuk mendapatkan keuntungan dari setiap penjualannya
serta dapat meningkatkan citra baik pada bisnis kita.
Bagaimana cara mengelola digital marketing dengan
baik?
Pertama, analisis sosial media
paling populer. Seperti contoh, pada bulan Januari 2019 sosial media paling
populer adalah yotube dengan 88%, lalu whatsapp 83%, facebook 81%, dan
Instagram 80%, melalui media sosial tersebut maka akan mempercepat proses
marketing sampai pada konsumen dan promosi tersebut akan lebih mudah dalam
penyebaran hingga cakupan yang sangat luas.
Kedua, mempunyai strategi digital
marketing yang tepat. Karena manfaat dari strategi yang tepat adalah bisnis
menjadi berkembang, produk lebih dikenal dan dapat memenangkan kompetisi dalam
dunia kewirausahaan. Berikut adalah tahap-tahap dalam mengelola strategi yang
tepat :
· Menganalisis
situasi, yang bertujuan untuk mengetahui posisi dan kondisi bisnis. Hal
tersebut dapat di observasi dengan kinerja tujuan (5s) yaitu sale, serve,
sizzle, speak dan save. Kemudian berdasarkan penilaian
atau pandangan konsumen, Menyusun SWOT agar lebih memahami tentang peluang,
kekuatan dan kelemahan. Lalu, mengetahui persepsi merek dan kemampuan internal
yang dimiliki.
· Menentukan
tujuan yang ingin di capai. Seperti hal nya yang sudah di bahas diatas yaitu
menggunakan kinerja tujuan (5s) sale adalah mencatat tingkat penjualan
pada kondisi saat ini, kemudian serve adalah biacara tentang nilai edit
seperti memberi layanan kepada konsumen lalu di evaluasi Kembali. Sizzle
yaitu bagaimana membangun layanan media digital dalam proses penjualan
agar cakupan konsumen lebih luas. Lalu speak membicarakan tentang
bagaimana kita membangun dan mengkomunikasikan layanan produk yang kita punya
kepada konsumen, artinya strategi yang kita lakukan sudah efektif atau belum
dalam mengelola konsumen. Dan yang di maksud dengan save yaitu sudah
pastikah dalam biaya jadi memastikan biaya yang akan di pakai agar tidak ada
kerugian yang di alami. Maka dari itu dapat disimpulkan, pada proses penjualan
di perlukan kreatifitas, inovasi serta improfisasi agar proses penjualan lebih
efektif dan efisien.
· Lalu,
menentukan strategi paling tepat. Contohnya adalah mulai Menyusun segmen target
pasar, posisi yang akan di capai, menentukan nilai unggul di banding produk
lain, meningkatkan kredibilitas produk di media digital hal ini sangat
penting karena dapat memengaruhi daya jual produk pada khalayak umum,
menentukan koneksi apa saja yang akan di pakai dan mengerucut pada media sosial
atau platform apa yang akan di gunakan untuk promosi.
· Setelah
itu di simpulkan agar menjadi sebuah taktik atau cara-cara yang lebih generik
untuk mencapai tujuan. Yaitu manyiapkan trik secara detail seperti kapan
waktu untuk launching produk, waktu untuk mengadakan discount,
waktu untuk mengadakan games, kapan waktu untuk give away dan
sebagainya.
· Selanjutnya,
lakukan tindakan untuk merealisasikan strategi tersebut. Yaitu tentang
melakukan promosi seperti melalui Instagram, facebook, hastag dan sebagainya.
Selain itu apabila di jadwalkan untuk discount produk maka juga di
sebarluaskan agar konsumen lebih tertarik untuk membelinya. Maka dari itu,
dalam merealisasikan tindakan dari strategi ini di perlukan perencanaan serta
tindakan yang tegas agar sesuai dengan ekspetasi.
· Dan di
akhir harus tetap mengontrol serta mengevaluasi kegiatan ini. Yaitu perlu
merancang perhitungan baik di bidang keuangan, kemampuan internal maupun
peningkatan kualitas dan kuantitas produk.
Dengan melakukan hal tersebut lebih terperinci dan tepat
maka akan mempermudah suatu proses penjualan pada dunia kewirausahaan sehingga
target yang diinginkan tercapai dengan baik dan lebih cepat. Selain itu,
terutama untuk kita nih generasi muda penerus bangsa harus lebih giat dan
termotivasi dalam menjalankan sebuah bisnis untuk mengasah kemampuan diri dan
membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa kita, seperti dapat membuka
lapangan pekerjaan. Dengan demikian, maka kehidupan bisnis dan perekonomian di
Indonesia akan sejahtera.
Komentar
Posting Komentar