Kewirausahaan Digital

Oleh : Wulan Kartika Sari

Halo sobat kampus apakah kalian mengerti maksud dari kewirausahaan? Jadi kewirausahaan adalah suatu bentuk kemampuan seseorang dalam mengelola dan menciptakan sesuatu yang baru dengan inovatif dan kreatif. Untuk menjadi seorang wirausahaan harus mempunyai sikap bertanggung jawab, berani mengambil resiko dan berfikiran maju. Karena untuk menjadi seorang wirausahaan tidak melulu tentang modal yang besar melainkan juga membutuhkan kecerdasan baik dalam pikiran maupun perbuatan. Maka dari itu, Setiap orang pasti mampu untuk menjadi seorang wirausahaan apabila sungguh-sungguh dalam menjalankannya



Di era revolusi industri 4.0 ini bisa kita lihat, bahwa semakin maju dan berkembangnya teknologi digital dan internet pada dunia sehingga memperluas pula lapangan kerja yang ada. Dengan hal tersebut, kita harus pintar-pintar dan mampu membuka peluang besar untuk mengelola bisnis meski hanya melalui platform digital. Kita dapat menggunakan platform digital sebagai sumber pengahasilan seperti membuka onlineshop, apalagi pada saat pandemic seperti ini masyarakat dianjurkan untuk tidak keluar rumah jadi sangat berpeluang besar masyarakat untuk berbelanja di onlineshop. Kemudian dengan kita mampu mengelola onlineshop tersebut dengan sungguh-sungguh akan menguntungkan diri kita melalui perkembangan bisnis atau investasi. Itu adalah alasan pentingnya kewirausahaan digital pada era revolusi industry 4.0 dan masa pandemic.

Salah satu contoh wirausaha yang berhasil adalah Ir. IBM Jayamartha, MM. beliau merupakan manager IT di PT. Indoguna. Beliau mempunyai pengalaman sebagai dekan  salah satu fakultas di YAI. Selain itu, beliau pernah menjalani Pendidikan yaitu kuliah S1 di Institus Teknologi Bandung(ITB), lalu melanjutkan Pendidikan S2 nya di UPI YAI. Kemudian, beliau juga mempunyai pencapaian prestasi yang amat banyak terutama pada bidang IT. Salah pencapaian terbaiknya adalah mempunyai platform digital berupa onlineshop yang bernama “Warung Pendidikan” yaitu onlineshop yang menjual buku-buku Pendidikan sekolah secara online. Saat ini Ir. IBM Jayamartha, MM sedang menjalani salah satu usaha pada bidang teknologi informasi yaitu  Indoguna Food Supply Chain Management.PT Indoguna yang menjual produknya secara online. Bisa kita lihat PT indoguna sangat berkembang pesat dan cepat karena dipengaruhi beberapa hal seperti, sasaran yang tepat, cakupannya yang sangat luas, berkualitas, mempunyai strategi pemasaran yang sangat bagus, operasional nya yang efektif dalam menjalankan penjualnnya secara online.

Strategi bisnis yang yang di gunakan PT Indoguna yaitu :

·       Kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan adalah hal terpenting yang harus di perhatikan karena dengan kepuasan tersebut pelanggan akan Kembali membeli produk dan bahkan akan membantu mempromosikan produk tersebut seperti kekeluarganya atau temannya sekalipun

·       Menghubungkan offline menjadi online, dengan menggabungkan 2 metode ini maka akan mempermudah perkembangan suatu bisnis.

 

 

·       Big Data, dengan menggunakan dan menyimpan data-data dengan baik dan benar maka akan mempermudah suatu rekapan bisnis untuk evaluasi kedepannya

·       Digital Capability, dengan meningkatkan kapabilitas maka akan meningkatkan proses bisnis perusahaan

Namun jika dilihat dari penelitian yang dipaparkan oleh narasumber yaitu Ir. IBM Jayamartha, MM pada youtube bahwa bangsa Indonesia sudah mampu untuk menjalankan bisnis digital ini jika sudah mampu dan mempunyai 4 barometer yang mengukur yaitu :

·       Mobile Internet merupakan Internet yang memicu untuk semua teknologi bisnis agar berkembang dan maju

·       Cloud Teknologi  adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer yang bermanfaat untuk mempermudah pendistribusian hingga tahap evaluasi suatu bisnis

·       Internet of Things yaitu berguna untuk meningkatkan ke-produktif-an dari wawasan yang ada di internet

·       Big Data and Advanced Analysis digunakan sebagai proses evaluasi pada akhir tahapan untuk melanjutkan tahapan dengan lebih baik

Dan menurut survei yang dipaparkan oleh narasumber yaitu Ir. IBM Jayamartha, MM pada youtube bahwa peluang yang ada di indonesia, meliputi:

·       Internet murah di indonesia

·       Sudah banyak wilayah yang tercakup dalam jejaring internet

·       Pengguna media sosial termasuk tertinggi di dunia

·       Jakarta dianggap ibu kota twitter dunia

·       Tahun 2016 pendapatan e-commerce di indonesia berjumlah USD 6M

·       78% pengguna internet saat ini melakukan pembelian secara online

·       Sekitar 75% pembelian online dilakukan melalui perangkat seluler

Kemudian faktor yang menyebabkan pengguna internet meludak di indonesia antara lain :

·       Populasi pengguna imternet meningkat karena harga Handphone yang murah

·       Banyaknya promo yangbditawarkan pada e-commerce

Selain itu, terdapat pula tantangan yg terjadi di indonesia pada era bisnis digital, seperti :

·       Kualitas internet yang kurang bagus

·       Kurangnya kesadaran masyarakat indonesia dalam menggunakan internet

·       Banyaknya masyarakat indonesia yang menggunakan internet untuk hal yang salah

Prospek mahasiswa untuk menjadi digital entrepreneur yaitu creating the future from the future. Yang di maksud adalah menciptakan masa depan dari masa depan yang cemerlang meski di awal masih ragu, namun yakin dan lanjutkan saja dan harus mempunyai prinsip sukses kapanpun dan dimanapu.

Pada era revolusi industri 4.0 ini, kita di permudah oleh teknologi dan internet canggih yang membuat kita lebih mudah dalam menjalankan hingga menyelesaikan suatu pekerjaan. Seperti untuk menentukan indikator kinerja wirausaha,kita bisa dengan sangat mudah menyimpulkan baik itu dari kondisi yang sedang dijalani, teori yang sudah ada dari para ahli, atau bahkan dari sensus internet. Lalu apa saja indikator pengukuran kinerja wirausaha? Yaitu :

·       Target Financial, meliputi Pelanggan Baru, Pelanggan Loyal, Hemat Biaya, Aset Produktif.

·       Kepuasan Pelanggan, meliputi Harga, Kualitas, Ketersediaan Barang, Pilihan Jenis, Fungsi, Layanan, Mitra, dan Citra.

·       Proses Internal, meliputi Operasi ( pasokan, produksi, distribusi, resiko ), Pelanggan ( seleksi, akuisisi, loyalitas, tumbuh ), Inovasi ( identifikasi barang, R&D, rancangan/bangun, luncurkan ), Regulasi dan Sosial ( lingkungan, keselamatan dan keseahatan, pekerja, komunitas )

·       Belajar dan Berkembang, meliputi SDM, Informasi, dan Organisasi.

Selain itu, wirausaha juga harus mempunyai kompetensi dalam menjalani usahanya agar lebih berkembang, maju dan sukses. Apa yang di maksud kompetensi? Kompetensi adalah suatu kemampuan atau kecakapan yang dimiliki oleh seseorang dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau tugas di bidang tertentu, sesuai dengan jabatan yang disandangnya. Lalu apa saja kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha? Yaitu :

·       Komunikasi adalah keterampilan penting wirausaha. Wirausaha harus bisa menjelaskan ide berulang kali,promosi ke investor/pelanggan. Keterampilan komunikasi baik pribadi maupun profesional adalah kunci sukse wirausahawan.

·       Finansial yaitu seorang wirausahawan sangat penting untuk mempunyai kecerdasan finansial ini. Karena harus mengendalikan kas yang baik bagi solopreneur, freelancer ataupun bisnis besar.

·       Merk adalah sebagai suatu wajah, dalam setiap wirausaha sangat penting untuk mempunyai merek. Cara bicara, cara menanggapi email, cara memperkenalkan diri, cara menulis adalah suatau merk “citra” anda sebagai wirausaha.

·       Marketing sangat penting dalam wirausaha karena seorang wirausahawan jika mempunyai produk terbaik di dunia sekalipun, namun tidak tahu bagaimana cara marketing yang baik dan benar maka akan percuma dan tidak berharga.

·       Networking sebagai tali silaturahmi akan memperluas rezeki. Makin luas jaringan makan tali silaturahmi yang dibangun akan makin menguatkan pondasi bisnis seorang wirausahawan.

·       Automation jika melakukan hal yang sama berulang kali, akan mengurangi produktifitas wirausaha.

·       Design adalah bagian yang sangat penting dalam dunia wirausaha. Karena dengan design yang menarik maka konsumen akan lebih mudah tertarik dan akan segera membeli produk tersebut.

·       Analytics adalah hal yang sangat penting. Sehebat apapun firasat atau intuisi, belajarah membuat keputusan berdasarkan data karena seorang wirausaha sangat penting untuk menganalisi usahanya.

·       Technical adalah suatu pemrograman suatu keterampilan penting pada dunia digital.

·       Online Learning adalah salah satu keterampilan penting di era digital, yang akan membantu untuk meningktakan kinerja usaha/bisnis.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

adverts yillix